Friday, June 18, 2010

Kue dadar Gulung ala Sapariah


Ahhhhhhhhhh, kalo lagi inget masa lalu..masa ketika masih SD, bantuin emak bikin kue untuk didagangkan ke toko-toko, jadi pengen bikin kue-kue tradisional itu. Cuma kendalanya, selain males juga peralatan ga ada. Dulu, mamak hampir tiap hari bikin kue. Ada dadar gulung, lapis, nasa sari, apam, lopis, kucur, dll. Beberapa waktu lalu, aku inget kala bikin dadar gulung (orang Pontianak bilang: dadar burok). Akhirnya, aku coba2 bikin deh :) :) :)

Karena udah lebih 15 tahun ga pernah bikin lagi. Aku pun pake aji nekad coba-coba di rumah dengan peralatan dan bahan apa adanya--dengan berusaha mirip2 waktu bikin di kampung.

Bahan-bahan:

Tepung terigu sekitar 250 gram. Lalu santan kelapa satu buah dijadikan sekitar 300 ml (sambil di tes apa sudah cukup encer dan mudah dibikin dadar). Telur ayam satu butir.
Kelapa muda satu buah diparut. Gula merah 250 gr, gula pasir 100 gr. Daun pandan, 1/2 sdt garam, valini secukupnya.

Cara membuat:

Bikin dadar:

Daun pandan tumbuk atau blender, disaring ambil airnya. Masukkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam santan kelapa. Masukkan juga larutan daun pandan, lalu telur ayam. Jika suka bisa bubuhi garam. Aduk rata.

Lalu siapkan wajan untuk membuat dadar.

Bikin isi: Mamakku bilang, kelapa sama gula ini namanya inti manis. Ada juga inti asin :)

Gula merah larutkan dulu dengan air sedikit. sSetelah itu masak bersama parutan kelapa muda. Aduk2 hingga matang dan kesat. Bisa diberi vanili.

Memasaknya:

Setelah dibuat dadar, ambil satu sendok inti manis. Gulung. Jadi deh dadar gulung nekad versi aku ha ha ha ha........

Rasanya: hmm..kata orang2 yang mencoba makan, not too bad :) :) :)

No comments: